Mungkinkah Anak Anda Indigo

Belum genap dua tahun batita Anda sudah lancar bicara dan kadang malah terkesan sok tahu. Anehnya, Anda kerap memergokinya sedang bcara sendiri. Apakah ada yang salah dengan dirinya?

Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang perilaku si kecil yang-"lain" itu?. Kadang- kadang perilaku anak Anda terlihat seperti gejala autisme. Kali lain, ia tampak cepat bosan pada mainnya sperti anak hiperaktif. Waktu berikutnya, ia mengaku bisa meramalkan masa depan seperti seorang cenayang. Amati lebih dekat Mungkin ia termasuk anak indigo.

Menurut Lee Carroll dan Jan Tober, penulis buku The Indigo Children : The New Kids Have Arrived, anak indigo memiliki karakteristik psikologis yang baru dan tidak biasa serta menunjukkan pola perilaku yang secara umum belum pernah tercatat. Pola perilaku yang unik ini bisa menimbulkan frustasi pada diri si anak. Untuk mencegahnya, anak indigo membutuhkan perhatian khusus dari orang tua dan guru agar ia dapat mencapai keseimbangan dan harmoni.

Bila anak Anda memiliki ciri di bawah ini, kemungkinan besar ia seorang anak indigo :
  • Di masa pertumbuhan, perkembangan bicara dan berjalannya lebih cepat daripada anak lain.
  • Ia punya keahlian yang belum pernah atau baru diajarkan, misalnya bahasa asing, matematika, seni
  • Ia sulit menerima larangan yang tidak disertai alasan
  • Saat ia sendirian, ia terdengar seperti sedang berbincang dengan seseorang
  • Ia mengatakan melihat atau berinteraksi dengan mahkluk halus tetapi ia tidak ketakutan
  • Ia cepat bosan dengan suatu permainan karena ia telah menguasainya
  • Ia sulit bergaul dengan teman sebayanya tapi mudah bergaul dengan yang lebih tua.

 AURA INDIGO
Sebelum lebih jauh mengenai anak indigo, Anda perlu mengetahui perbedaan anak dengan kondisi psikologis indigo dengan anak yang memiliki warna aura indigo. Tom Suhalim, konsultan aura dari Nirmala Holistk menjelaskan, seorang anak indigo, tergantung dari tipe anak indigo yang manakah ia.

Dr.T.Erwin Kusuma,Sp.KJ(K), psikiater anak dari ProV Clinic menjelaskan bahwa memang asal mula seorang anak disebut  indigo adalah apabila anak dalam keadaan sehat, aura yang terpancar dari dirinya berwarna biru keunguan (dalam bahasa Spanyol, warna ini disebut indigo).

Warna aura indigo adalah peralihan dari aura biru ke ungu. Warna aura biru melambangkan rasio atau nalar sedangkan ungun melambangkan spritualitas. Kombinasi inilah yang menjelaskan mengapa anak indigo memiliki dua atribut utama, yakni kecerdasan dan juga kemampuajn spritual yang tinggi. Anak beraura indigo ini lebih banyak menonjol dengan kemampuan spiritualnya.


ANAK INDIGO VS ANAK SPESIAL LAINNYA
"Anak Indigo tdak sama dengan anak ADD/ADHD (hiperaktif) yang mudah bosan atau tidak bertahan lama dalam mengerjakan sesuatu. Bila anak indigo melakukan sesuatu, ia akan dengan cepat menyelesaikannya sebelum beralih pada kegiatan lain. 

Dari luar, kecepatan peralihan ini terlihat mirip ADD/ADHD. Selain itu, aktivitas anak indigo bersfat konstruktif, tidak destruktif seperti anak dengan ADD/ADHD" kata Dr.Erwin menjelaskan.

Masih menurut Dr.Erwin, anak indigo kerap dikira anak autis karena mereka kadang suka bicara sendiri. Padahal, anak indigo yang dikira sedang berbicara sendiri itu, bisa jadi sedang berkontemplasi atau berkomunikasi dengan mahluk dunia lain. Perbedaan anak indigo dengan anak autis adalah cara mereka berinteraksi. Tidak seperti anak autis, anak indigo dapat berbicara secara konsisten dan teratur. Anak indigo juga bersosialisasi, hanya saja anak indigo lebih pemilih. Mereka merasa lebih cocok dengan orang yang lebih rasional dan spiritual.

Selain autisme dan ADD/ADHD, masyarakat juga sering menyalahartikan anak indigo dengan paranormal atau cenayang. Berdasarkan penjelasan Dr.Erwin anak indigo memang memiliki kemampuan extra-sensory perception (ESP) yag dapat ,melihat mahluk halus, meliat masa lalu, atau memimpikan masa depan Tetapi, hal ini hanya satu dari banyak sekali karakter anak indigo. Anak indigo memiliki kecerdasan rasio yang tinggi, sedangkan paranormal atau cenayang belum tentu cerdas.

TIPE ANAK INDIGO
Menurut buku The Indigo Children, ada 4 tipe kecendrungan bakat anak indigo. Saat anak Anda balita, tipenya bisa jadi belum terlalu kelihatan. Namun Anda bisa melihat kecendrungan dari sifat-sifat dasar yang dimilikinya.

1. Humanis Anak indigo humanis adalah anak-anak yang ceria, senang tampil, bersahabat, berempati, mudah iba, dan sangat berani dalam mengungkapkan pendapat. Saat dewasa, anak-anak ini cocok bekerja dalam bidang komunikasi, politik, dan sosial. 

2. Artis
Anak indigo artis adalah anak-anak yang memiliki jiwa seni tinggi, suka berkreasi atau menciptakan hal-hal baru, memilih jalannya sendiri, puitis. Saat dewasa, anak-anak ini cocok bekerja dalam berbagai bidang seni, desain, penulisan kreatif.

 3. Konseptualis
Anak indigo konspetualis adalah anak-anak yang gemar memikirkan hal-hal rumit, merencanakan sesuatu, tidak mudah puas, suka bekerja di balik layar Rasionya lebih besar kadar spiritualitasnya. Saat dewasa, anak-anak ini dapat bekerja di bidang arsitektur, teknik, matematika dan sains.

4. Interdimensionalis
Anak indigo interdimesionalis adalah anak-anak yang memiliki kemampuan spiritual lebih besar dari anak-anak indigo tipe lain. Jika kemampuannya dalam "membaca" pikiran dan perasaan orang laindiasah dengan tepat, anak-anak ini dapat membantu lingkungannya agar lebih damai dan harmonis.

ANAK INDIGO DAN ORANGTUA
Bila anak Anda indigo, Anda tidak perlu panik. Indigo bukanlah penyakit atau kekurangan. Tetapi anak indigo membutuhkan pola asuh yang berbeda. Maka semakin dini seorang anak diketahui indigo, semakin besar kesempatan Anda untuk bisa mengarahkan si kecil.

Dalam budaya Timur, orang tua kerap merasa memiliki otoritas yang tidak boleh dibantah. Nasihat atau kata-kata orang tua lebih bersifat instruktif dibandingkan informatif. Mengingat anak indigo sulit dalam menerima otoritas absolut, pola asuh atau cara berkomunikasi yang instruktif tidak cocok untuk anak indigo. Apabila seorang anak indig diperintah untuk duduk diam tanpa diberitahu sebab atau tujuannya, maka ia tidak akan mau diam.Hal-hal seperti inilah yang seringkali menjadi masalah dalam hubungan antara anak indigo dan orang tuanya.

Teknik berkomunikasi dengan anak indigo adalah dengan mengubah cara pandang Anda terhadap si anak. Jangan perlakukan ia seperti anak kecil yangb bisa dibohongi atau menurut begitu aja. "Beri penjelasan pada anak indigo Anda seperti layaknya memberi penjelasan pada anak remaja,"kata Dr.Erwin.

Anak Indigo juga tidak bisa menerima alasan untuk menghormati seseorang hanya karena usianya lebih tua atau jabatannya lebih tinggi. Anak indigo hanya akan menghormati orang yang ia tahu memang pantas dihormati, misalnya berprestasi, bijaksana, atau berpengalaman. Maka sebagai orang tua dari anak indigo, Anda perlu menunjukkan teladan yang baik agar si kecil mau mendengarkan Anda. Contoh kecil saja, apabila ia melihat Anda  merokok atau memiliki pola makan yang tidak sehat, ia tidak akan mendengarkan nasihat Anda agar mau makan sayur. Sedangkan bila tantenya yang menasehati, ia akan menurut karena melihat bahwa tantenya juga gemar makan makanan yang sehat. Lebih lanjut tentang perawatan anak indigo, Anda bisa membaca buku The Care and Feeding of Indigo Children oleh Doreen Virtue,PhD

0 komentar:

Posting Komentar