Pengetahuan Ibu Hamil Pada Ibu dan Anaknya Tentang Manfaat Musik Klasik Pada Kehamilan




KATA PENGANTAR
     Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberi rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah ini adapun judul karya tulis ilmiah adalah pengetahuan ibu hamil dan anaknya tentang manfaat musik klasik.
    Dalam penulisan karya tulis ilmiah ini penulis banyak mengalami kesulitan, tetapi berkat bantuan dan motivasi dari berbagi pihak, akhirnya penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah ini. Dengan selesainya tulisan ini, perkenankanlah penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada yang terhormat :









                                                                                                    Penulis




                                                                                                 (                  )


_____________________________________________________________________________


DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 : Surat Izin Survey Pendahuluan dan Penelitian
Lampiran 2 : Surat Balasan Survey Pendahuluan dan Penelitian
Lampiran 3 : Surat Izin Penelitian
Lampiran 4 : Surat Balasan Penelitian
Lampiran 5 : Lembar Permintaan Menjadi Responden
Lampiran 6 : Lembar Persetujuan Menjadi Responden
Lampiran 7 : Kisi-Kisi Kuesioner
Lampiran 8 : Lembar Kuesioner Penelitian
Lampiran 9 : Master Tabel
Lampiran 10 : Tanda Tangan Responden
Lampiran 11 : Daftar Konsul
Lampiran 12 : Dokumentasi



_____________________________________________________________________________

DAFTAR ISI


HALAMAN PERSETUJUAN……………………………………………………...................i
LEMBAR PENGESAHAN………………………………………………………...................ii
ABSTRAK…………………………………………………………………………....................iii
KATA PENGANTAR……………………………………………………………...................iv
DAFTAR ISI………………………………………………………………………....................v
BAB I Pendahuluan.................................................................1
1.1 Latar Belakang.................................................................1
1.2 Rumusan Masalah..............................................................4
1.3 Tujuan Penelitian..............................................................4
1.3.1 Tujuan Umum................................................................4
1.3.2 Tujuan Khusus................................................................4
1.4 Manfaat Penelitian.............................................................5
1.4.1 Secara Teoritis...............................................................5
1.4.2 Secara praktis................................................................5
1.4.2.1 Bagi institusi Pendidikan.................................................5
1.4.2.2 Bagi ibu Hamil.............................................................5
1.4.2.3 Bagi tenaga kesehatan...................................................5
Bab II Tinjauan Pustaka...........................................................6
2.1 Pengetahuan (knowledge)...................................................6
2.1.1 Pengertian.................................................................. 6
2.1.2 Tingkat Pengetahuan.......................................................6
2.1.3 Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Pengetahuan......................8
2.2 Kehamilan..................................................................... 11
2.2.1 Defenisi Kehamilan.........................................................11
2.2.2 Kehamilan Trimester I......................................................11
2.2.3 Kehamilan Trimester II................................................ ....12
2.2.4 Kehamilan Trimesteter III..................................................13
2.3 Musik Klasik.................................................................... 13
2.3.1 Pengertian Musik Klasik.................................................... 13
2.3.2 Pengertian Klasik............................................................14
2.3.3 Pengaruh musik pada kehamilan..........................................15
2.3.4 Pengaruh Musik klasik kepada janinnya..................................16
2.3.5 Manfaat Terapi Musik.......................................................17
2.3.6 Jenis-Jenis Musik Klasik.................................................... 19
2.3.7 Yang Membutuhkan Terapi Musik..........................................20
2.3.8 Waktu Pemberian Terapi Musik............................................20
2.3.9 Proses Terapi Musik Klasik pada ibu hanil yang dilakukan.............20
2.3.10 Cara Pelaksanaan Terapi Musik...........................................21
2.3.11 Stimulasi Dengan Musik Klasik Yang Dianjurkan........................22
Bab III Metode Penelitian...........................................................23
3.1 Kerangka Konsep................................................................23
3.2 Definisi Operasional............................................................24
3.3 Jenis Penelitian.................................................................26
3.4 Lokasi dan Waktu Penelitian..................................................26
3.4.1 Lokasi Penelitian..............................................................27
3.4.2 Waktu Penelitian..............................................................27
3.5 Populasi dan Sampel............................................................29
3.5.2 Sampel......................................................................... 29
3.6 Metode pengumpulan Data.....................................................29
3.6.1 Jenis Data.......................................................................29
3.6.2 Alat Pengumpulan Data.......................................................30
3.6.3 Cara Pengumpulan Data......................................................31
3.7 Pengolahan Data dan Analisa Data............................................32
3.7.1 Pengolahan Data...............................................................32
3.7.2 Analisa Data....................................................................33
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN....................................................34
4.1 Gambaran Umum Klinik Bersalin Hj.Nani AM.Keb...........................34
4.1.1 Lokasi............................................................................34
4.1.2 Transportasi.....................................................................34
4.1.3 Tenaga Kesehatan..............................................................34
4.2. Hasil Penelitian...................................................................35
4.3 Pembahasn………………………………………………………………..........................45
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.......................................................52
5.1 KESIMPULAN.........................................................................52
5.2 Saran................................................................................ 53
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN



_____________________________________________________________________________

DAFTAR DIAGRAM

4.2.1 Distribusi antara frekuensi Pengetahuan ibu hamil berdasarkan pengetahuan..36
4.2.2 Distribusi antara frekuensi pengetahuan Ibu Hamil Berdasarkan Umur…………...37
4.2.3 Distribusi Frekuensi Pengetahuan Ibu Hamil Berdasarkan Pendidikan…………..38
4.2.4 Distribusi Frekuensi Pengetahuan Ibu Hamil Berdasarkan Pekerjaan……………39
4.2.5 Distribusi Frekuensi Pengetahuan Ibu Hamil BerdasarkanSumber Informasi……40



_____________________________________________________________________________

DAFTAR TABEL

Tabel 3.4.2 Jadwal Penelitian……………………………………………………………….............28
Tabel 4.2.2 Tabulasi Silang Antara Pengetahuan Dengan Umur……………………..…..41
Tabel 4.2.3 Tabulasi Silang Antara Pengetahuan Dengan Pendidikan………………...42
Tabel 4.2.4 Tabulasi Silang Antara Pengetahuan Dengan Pekerjaan…………………..43
Tabel 4.2.5 Tabulasi Silang Antara Pengetahuan Dengan Sumber Informasi……….44
Tabel 4.2.6 Tabulasi Silang Antara Pengetahuan………………………..……………….......45



_____________________________________________________________________________


ABSTRAK
X+53 Hal+ 5 Diagram+ 5 Tabel + 13 Lampiran


    Musik klasik merupakan sarana untuk mengoptimalkan kecerdasan otak anak. Oleh karena itu, terapi musik sangat dianjurkan untuk diberikan kepada anak dengan terapi tersebut, banyak manfaat yang dapat diperoleh, antara lain mengoptimalkan otak anak, meningkatkan kecerdasan anak, memfasilitasi ikatan emosional antara orang tua dan anak ,dinegara berkembang sekitar 95% yang mengetahui musik klasik,Sumatra Utara sekitar 20-30% dan 10 % yang mengetahui musik klasik.
    Ibu hamil yang stres dalam mengalami masa kehamilan sekitar 60% takut akan masa kehamilan yang di hadapinya,sehingga menimbulkan kecemasan pada ibu tersebut.
    Penelitian ini bersifat deskriptif bertujuan untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang manfaat musik klasik, populasi dalam penelitian ini berjumlah 89 responden dengan metode accidental sampling berjumlah 49, Data primer dan data sekunder dengan menggunakan kuesioner kepada responden di klinik bersalin Hj.Nani AM.Keb Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2015.
     Dari hasil penelitian dapat di lihat bahwa dari 49 responden berdasarkan pengetahuan mayoritas berpengetahuan cukup sebanyak 16 responden (47,06%), berdasarkan mayoritas berpengetahuan cukup pada kelompok umur 31-35 tahun sebanyak 15(22,85), berdasarkan pendidikan berpengetahuan cukup pada pendidikan menengah sebanyak 20(57,14%), berdasarkan mayoritas pekerjaan pengetahuabn cukup pada tidak bekerja sebanyak 33 (67,35), berdasarkan sumber informasi mayoritas berpengetahuan cukup tidak mendapatkan sumber informasi sebanyak 31 ( 63,26%)
   Dari variabel-variabel yang diteliti berdasarkan umur,pendidikan,pekerjaan,sumber informasi dapat ditarik kesimpulan bahwa gambaran pengetahuan tentang manfaat musik klasik diklinik bersalin hj.nani AM.Keb Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2015 mayoritas berpengetahuan cukup, diharapkan bagi pendidikan agar menambah pengetahuan manfaat musik klasik pada kehamilan, diharapkan ibu hamil dapat meningkatkan pengetahuan tentang musik klasik tersebut, diharapkan bagi tenaga kesehatan dapat memberikan masukan yang berguna bagi tenaga kesehatan,dan diharapkan bagi peneliti agar dapat meningkatkan wawasan,pengetahuan serta pengalaman dalam mengikuti pendidikan di Akademi Pendidikan Ika Bina Labuhanbatu.


Kata kunci: pengetahuan ibu hamil tentang manfaat musik klasik
Daftar Pustaka:17(2006-2015)


_____________________________________________________________________________


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang


   Menurut data World Health Organization (WHO) Indonesia dalam perkembangan musik klasiknya agak jauh tertinggal dibanding negara-negara Asia. Semua bangsa maju didunia seperti Jerman, Amerika, Jepang, Inggris, Australia dan negara Eropa pada umumnya bangsa yang musikal. Namun negara Amerika lebih mengetahui tentang manfaat musik klasik sekitar 95%. Yang Lebih mengetahui manfaat musik klasik tersebut, sementara kondisi masyarakat kita mengikuti tren, demikian juga dalam hal termasuk karena musik klasik terkesan berat dan ketinggalan jaman sehingga telah dilupakan oleh masyarakat kita (https://el-Azani.blog.spot.com/2011).
   Menurut Prof.dr.Utami Munandar yang menjelaskan dalam sebuah seminar mendegarkan musik klasik pada janin dalam masa kehamilan sangat penting, selain itu musik klasik juga bisa dipakai sebagai alternatif untuk memutar posisi janin sungsang kembali keposisi normal.( http://www.impoint.info/2013/10 musik klasik untuk ibu hamil.html)
   Musik klasik adalah musik yang menyenangkan dan mempunyai banyak manfaat terutama untuk kesehata dan ibu hamil, karena telah terbukti musik klasik dapat menstimulasi otak agar bayi lebih aktif dan cerdas 34% karena mendengarkan musik klasik selama 30 menit juga dapat meningkatkan IQ 46% dan kemampuan motorik serta kreatifitas (Musbikin, 2009).
    Dari sekian banyak karya musik klasik, salah satunya karya wolfgang amadeus, musik mozart membuat perkembangan otak janin dalam kandungan menjadi lebih baik, musik mozart bisa dinilai bisa memberikan efek paling positif bagi perkembangan janin, musik klasik mozart juga mampu memperdayakan daerah kreatif dan motivatif di dalam otak. Sedangkan menurut teori Louise tahun 2006, mengatakan bahwa musik klasik sangat penting bagi ibu hamil. Musik klasik dapat membuat keadaan ibu hamil tenang, tidak stress, dan detak jantungnya akan lebih beraturan (https://el-Azani.blog.spot.com/2011).
    Di Indonesia manfaat musik klasik untuk merangsang peningkatan pikiran atau IQ dan EQ. Penggunaan terapi musik di Indonesia hanya sekitar 20%-30% dibandingkan diluar negeri. Saat ini penggunaan musik klasik untuk stimulasi atau terapi bagi janin dan ibu hamil. Sudah dicoba sejak beberapa tahun terakhir ini dan masih juga belum mampu mengatasi tingginya angka kematian ibu (AKI) yang 307 per 100.000 kelahiran hidup. Itu berarti ada 13.778 kematian ibu atau dua jam ada dua ibu hamil, bersalin, nifas yang meninggal. AKI memang telah turun dibandingkan dengan tahun 1990 yang masih 450 per 100.000. Dan AKB menjadi 23 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2015 (Aized, 2011)
   Apabila musik klasik ini sering didengarkan pada janin akan memberikan efek keseimbangan emosi dan ketenangan. Keteraturan irama ini akan menenangkan bayi dalam kandungannya, yang bahkan bermanfaat saat persalinan. Mendengarkan musik pada janin saat masih dalam kandungan akan merangsang peningkatan jumlah sel-sel otaknya (Hinselmen, 2008). 
   Di Sumatra Utara penelitian musik klasik sudah mulai dikembangkan. Tetapi baru Medan Gleni International Hospital Medan yang melakukan terapi musik klasik, kelas prenatal tiga kali dalam satu minggu yaitu hari Rabu, Sabtu dan minggu dengan jumlah peserta dalam satu group sebanyak 14-16 orang sekitar 10%, mayoritas kehamilan trimester III atau kehamilan lebih dari 24minggu (www.sayyestoasi.com,2008)
   Survei awal yang dilakukan pada tanggal 11 Februari 2015 di Klinik Hj.Nani AM.keb Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu terdapat 98 ibu hamil. Dari hasil wawancara yang di hadiri 12 ibu hamil, terdapat 8 ibu hamil tidak tahu manfaat musik klasik pada kehamilan dan 4 ibu hamil tahu manfaat musik klasik pada kehamilan
   Berdasarkan uraian diatas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian bagaimana pengetahuan ibu hamil tentang manfaat musik klasik pada kehamilan di Klinik Hj.Nani AM.keb Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2015.

1.1. Rumusan masalah
     Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengetahuan ibu hamil tentang manfaat musik klasik pada kehamilan di klinik bersalin Hj.Nani AM.keb Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2015.

1.3. Tujuan Penelitian
1.3.1. Tujuan Umum
Untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang manfaat musik klasik pada kehamilan di klinik bersalin Hj.Nani AM.keb Kecamatan Rantau Utara Kabupaten LabuhanbatuTahun 2015.


1.3.2. Tujuan khusus
  1. Untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang manfaat musik klasik pada kehamilan berdasarkan Umur
  2. Untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang manfaat musik klasik pada kehamilan berdasarkan Pendidikan.
  3. Untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang manfaat musik klasik pada kehamilan berdasarkan Pekerjaan.
  4. Untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang manfaat musik klasik pada kehamilan berdasarkan sumber informasi.

1.4. Manfaat Penelitian
1.4.1. Secara Teoritis 
Menambah pengetahuan peneliti tentang manfaat musik klasik pada kehamilan dan sebagai perbandingan bagi penelitian lainnya untuk melanjutkan penelitian tentang pengetahuan ibu hamil tentang manfaat musik klasik pada kehamilan.

1.4.2 Secara Praktis
1.4.2.1. Bagi institusi pendidikan
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi perpustakaan Akademi Kebidanan Ika Bina yang disajikan sebagi dasar untuk penelitian lanjutan manfaat musik klasik bagi ibu hamil.

1.4.2.2 Bagi ibu hamil
Untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang manfaat musik klasik pada kehamilan di klinik bersalin Hj.Nani Am.keb Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2015

1.4.2.3 Bagi Tenaga Kesehatan 
Dapat sebagai bahan masukan yang berguna bagi tenaga kesehatan tentang manfaat msuik klasik pada kehamilan di klinik bersalin Hj.Nani Am.keb Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu tahun 2015.


1.4.2.4 Bagi Peneliti
Untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan mendapatkan pengalaman dalam melakukan penelitian serta aplikasi ilmu yang didapat peneliti selama mengikuti pendidikan di Akademi Kebidanan Ika Bina Labuhanbatu

_____________________________________________________________________________


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


2.1 Pengetahuan (knowladge)
2.1.1 Pengertian Pengetahuan


        Pengetahuan adalah merupakan hasil ‘tahu’ dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Pengetahuan terjadi melalui panca indera manusia, yaitu penglihatan, penciuman, perasa, dan peraba. Sebagian besar pengetahuan manusia berasal dari pendidikan pengalaman diri sendiri maupun orang lain dan lingkungan. Pengetahuan atau kognitif merupakan komponen yang sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang. Pengetahuan itu sendiri yang berperan penting untuk mendukung psikis seseorang dalam menambah percaya diri maupun dorongan sikap dan perilaku orang tersebut (Notoatmodjo, 2006).
2.1.2 Tingkatan pengetahuan
Tingkat pengetahuan terdiri dari 6 (enam) tingkatan antara lain:

1. Tahu (know)
    Tahu artinya mengingat materi yang telah dipelajari sebelumnya. Termasuk kedalam pengetahuan tingkat ini mengingat kembali terhadap sesuatu yang spesifik dari seluruh bahan yang dipelajari atau rangsangan yang diterima dan tingkatan pengetahuan yang paling rendah.

2. Memahami (comprehension)
   Memahami diartikan sebagai suatu kemampuan menjelaskan secara benar tentang objek yang diketahui dan dapat menginterpretasikan materi tersebut secara benar.

3. Aplikasi (aplication)
  Aplikasi diartikan sebagai suatu kemampuan untuk menjalankan materi yang dapat dipelajari pada situasi atau kondisi sebenarnya.

4. Analisis (analysis)
   Analisis diartikan sebagai suatu kemampuan untuk menjalankan materi atau suatu objek kedalam komponen- komponen, tetapi masih dalam struktur organisasi tersebut dan masih ada kaitannya satu sama lain.

5. Sintesis (syintesis)
    Sintesis di artikan sebagai suatu kemampuan untuk meletakkan atau menghubungkan bagian-bagian didalam satu keseluruhan yang baru. Misalnya dapat menyusun, merencanakan,meringkas, dan menyesuaikan terhadap teori atau rumusan yang ada.

6. Evaluasi (evaluation)
    Evaluasi diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan penilaian suatu materi atau objek. Penilaian itu berdasarkan suatu kriteria yang ditentukan sendiri, atau menggunakan kriteria yang telah ada (Notoatmodjo, 2008).

Dari uraian diatas disimpulkan bahwa ilmu pengetahuan adalah salah satu dasar dari kehidupan manusia dalam memahami kehidupannya, penguasaan ilmu dilakukan terus menerus sehingga setiap permasalahan yang dijumpai dapat segera dicari jawaban dan penyelesaiannya, dengan cara meneliti atau pun menyelidiki.

2.1.3 Faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan
     Faktor yang mempengaruhi pengetahuan menurut data (Notoatmodjo,2010) dalam buku metode penelitian kesehatan.

1) Umur
   Umur adalah lamanya umur dihitung sejak dilahirkan hingga penelitian ini dilakukan, pada masa ini merupakaan periode penyesuaian terhadap pola-pola kehidupan baru. Pada dewasa ini di tandai oleh adanya perubahan-perubahan jasmani dan mental. Semakin bertambah keinginan dan pengetahuan tentang kesehatan (Notoatmodjo,2010)
  Menurut Notoatmodjo, (2010). Umur adalah perubahan atau pertambahan usia seseorang baik dilihat dari segi fisik maupun dari segi kognitif. Selain itu juga mengemukakan bahwa memang daya ingat seseorang itu salah satunya di pengaruhi oleh umur.
 Hurlock (2003) yang digunakan menyatakan bahwa semakin tinggi umur seseorang semakin tinggi pula tingkat pengetahuannya tetapi pada umur tertentu dimana saat menurunnya fisik dan psikologis pada setiap orang sehingga mempengaruhi pengetahuan.


2) Pendidikan
   Menurut Notoatmodjo (2010) pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang amat diperlukan untuk pengembangan diri, semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin mudah dalam menerima serta mengembangkan pengetahuan.
   Nursalam (2001) mengatakan semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang makin mudah mendapatkan informasi sehingga makin banyak pula pengetahuan yang dimiliki. Sebaiknya pendidikan yang kurang akan menghambat sikap seseorang terhadap nilai-nilai yang baru diperkenalkan.
  Dinas pendidikan (2008) pendidikan yang mempunyai peranan penting bagi suatu daerah dan merupakan suatu saran untuk meningkatkan kecerdasan dan keterampilan penduduk. Semakin tinggi pendidikan, semakin baik kualitas sumber dayanya.

3. Pekerjaan
  Menurut Notoatmodjo (2010). Pekerjaan merupakan suatu kegiatan atau aktivitas seseorang untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari, jenis pekerjaan berkaitan dengan tingkat pengetahuan seseorang.
  Pekerjaan adalah suatu kegiatan aktifitas seseorang untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari, jenis pekerjaan berkaitan dengan tingkat pengetahuan. Pada umumnya orang yang bekerja di perkantoran lebih mudah mengakses informasi di bandingkan dengan orang yang bekerja di perkantoran lebih mudah mengakses informasi di bandingkan dengan orang yang bekerja sebagai buruh petani atau buruh nelayan, kemudian memperoleh informasi ini akan meningkatkan pengetahuan orang terhadap objek tertentu.
 Pekerjaan dapat menggambarkan tingkat kehidupan seseorang karena dapat mempengaruhi sebagian aspek kehidupan seseorang termasuk pemeliharaan kesehatan. Di tanyakan bahwa jenis pekerjaan dapat berperan dalam kesehatan( Notoatmodjo,2010)

4. Sumber informasi
   Menurut kamus besar bahasa indonesia, bahwa sumber informasi adalah segala sesuatu yang menjadi perantara dalam menyampaikan informasi, merangsang pikiran dan kemampuan informasi juga yang diperoleh dari berbagai sumber mempengaruhi tingkat pengetahuan seseorang. Jika seseorang banyak mendapat informasi cenderung memiliki yang cukup.
  Menurut Notoatmodjo (2010) dengan memberikan sumber informasi tentang kebiasaan hidup sehat dan cara pencegahan penyakit akan terjadi penigkatan pengetahuan, sikap dan perilaku kesehatan dalam individu/kelompok sasaran yang berdasarkan kesadaran dan kemauan individu.


2.2. Kehamilan
2.2.1. Defenisi Kehamilan
  1. Kehamilan adalah penyatuan sperma dari laki-laki dan ovum dari perempuan (H.farer,2005)
  2. Kehamilan adalah masa dimulai dari kontrasepi sampai jalan lahir, lama hamil normal yaitu 280 hari yaitu 9 bulan 7 hari yang di hitung dari hari pertama haid terakhir (sarwono,2006)
  3. Kehamilan adalah seorang wanita mengandung sel telur yang telah dibuahi atau kehamilan oleh sperma (Zr.Dra.Christina,2008)
    Kehamilan adalah masa dimana seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam tubuhnya, kehamilan biasanya mengalami perubahan perubahan tidak hanya terjadi perubahan fisiologi, tetapi juga menjadi perubahan psikologis yang memerlukan emosi, pola fikir, dan perilaku yang berlanjut hingga bayi lahir (Sholika,2007).

2.2.2 Kehamilan Trimester I (pertama)
  Awal kehamilan atau masa trimester pertama merupakan saat yang rawan bagi perkembangan janin, karena biasanya banyak wanita tidak meduga kalau dirinya sedang hamil. Kehamilan baru diketahui ketika usia janin sudah menginjak waktu lebih dari satu bulan. Sementara itu, jika mereka tidak sadar sedang hamil, mereka akan mengkonsumsi berbagai macam makan serta obat yang bisa merusak perkembangan bayi dalam kandungan. Karena itulah pada umur1-3 bulan ini sangat rentan keguguran. Saat masa subur, jika sel telur dibuahi maka akan terjadi penempelan sel telur yang berbentuk semacam bola pada dinding rahim calon ibu. Masa ini adalah masa rawan, karena janin masih berupa cikal bakal. Jika janin selamat, maka bola sel telur itu akan terus berkembang (http://duniabaca.com)

2.2.3 Kehamilan Trimester II (Dua)
      Pada trimester kedua janin mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik dari segi ukuran maupun kemampuan salah satu kemampuan penting yang mulai berkembang pada masa ini adalah kemampuan pendengaran, saat ini pendengaran menjadi satu-satunya saluran komunikasi antara janin dan dunia luar, ia dapat merasakan lingkungan sekitarnya melalui pendengaran, atas apa yang bisa didengarnya tersebut ia pun akan memberikan reaksi seperti dalam gerakan janin didalam kandungan, sehubungan dengan berkembangnya indera pendengaran janin ini, orang mulai menghubungkan janin dengan musik, guna mencerdaskan otak janin. (http://duniabaca.com).

2.2.4 Kehamilan III
    Kehamilan trimester III adalah kehamilan dengan usia 27-40 minggu, masa ini merupakan suatu yang lebih berorientasi pada realitas untuk menjadi orang tua yang menanti kelahiran anak dimana ikatan antara orang tua dan janin yang berkembang pada trimester ini (http://choiriatu.blogspot.com).

2.3 Musik Klasik
2.3.1.Pengertian Musik Klasik
        Menurut Dr.Lee Salk musik Klasik adalah musik klasik yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi,budaya dan selera seseorang.
Defenisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:
  • Bunyi yang dianggap enak oleh pendengarnya
  • Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik.
    Musik klasik merupakan kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif. Terapi musik sangat penting bagi manusia. Bukan hanya untuk janin dan balita saja, tetapi juga bagi orang dewasa khusunya bagi ibu hamil.
  Musik klasik merupakan sarana untuk mengoptimalkan kecerdasan otak anak. Oleh karena itu, terapi musik sangat dianjurkan untuk diberikan kepada anak dengan terapi tersebut, banyak manfaat yang dapat diperoleh, antara lain mengoptimalkan otak anak, meningkatkan kecerdasan anak, memfasilitasi ikatan emosional antara orang tua dan anak ,meningkatkan perhatian terhadap tugas-tugas dan kemampuan bicara anak,dan perkembangan motorik anak, serta kreativitas dan kesenangan anak. Itulah manfaat yang bisa diperoleh dari terapi musik klasik (Aizid, 2011).
  Musik digunakan sebagai salah satu terapi pengobatan untuk menurunkan kecemasan, musik yang memiliki aspek teraupetik sehingga musik banyak digunakan untuk penyembuhan,menenangkan, dan memperbaiki kondisi fisik dari fisiologis.

2.3.2 Pengertian Klasik
        Menurut sarwono,(2008)kata klasik memiliki arti yakni memiliki mutu yang tinggi dan diakui kesempurnaan sebagai tolak ukur kesempurnaan yang abadi tertinggi karya satra zaman kuno, bersifat sederhana serasi dan tidak berlebihan termasyur dan bersejarah.
    Musik klasik adalah musik yang mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme, musik klasik juga sangat penting bagi ibu hamil dan janinnya.

2.3.3 Pengaruh musik pada kehamilan
      Musik diciptakan untuk mempengaruhi kondisi psikologis manusia. Dan manusia adalah makhluk yang kompleks. Setiap musik memiliki elemen dasar, yaitu pitch (frekuensi suara), tempo, timbre (warna suara) dan dinamika. Denyut jantung ibu merupakan stimulus musik pertama yang didengar oleh janin, karena itu, musik yang diperdengarkan untuk tujuan tertentu harus dibuat berdasarkan perindividu.
  Umumnya, kehamilan mempunyai efek pada metabolisme, endokrin serta sistem kardiovaskuler ibu dan janin. Kehamilan tidak hanya menyebabkan perubahan pada pelvis dan abdomen ibu hamil tetapi juga seluruh bagian tubuh.
   Pentingnya stimulus, khususnya musik, akan menyeimbangkan IQ dan EQ janin, bahkan pengaruh besar pada kehidupan kelak. Keseimbangan ini terlihat pada fungsi otak kanan dan otak kiri manusia. Otak kiri berkaitan dengan kemampuan berbicara, mengingat tata bahasa, berfikir secara sistematis, mengendalikan emosi, memandang hidup dengan serius,bekerja dengan fakta, kemampuan menganalisa, berfikir logis, tugas-tugas praktis, daya ingat.
 Sementara otak kanan berhubungan dengan perkembangan kreatif, perasaan, menyatakan emosi, irama musik, memandang hidup dengan santai, berfikir secara global , pengenalan diri dan orang lain, sosialisasi dan pengembangan kepribadian.
  Saat mendengarkan musik, otak memproses apa yang didengar, detak jantung cenderung mengikuti dengan kecepatan musik Hal ini menjelaskan mengapa saat mendengarkan musik dengan tempo yang tinggi detak jantung meningkat.Saat mendengar musik dengan tampo (bit per menit) yang rendah, misal 55-70 bpm, detak jantung akan melambat dan tubuh akan menjadi rileks.
  Endorfin, yang merupakan zat candu alamiah di otak, akan dilepaskan saat tubuh merasa rileks. Hormon-hormon stres, yang meliputi adreronocorticotrophic (ACTH), prolaktin, dan hormon pertumbuhan (GH), dalam darah akan selaras kadarnya saat mendengarkan musik Keadaan rileks ini akan memperlancar sirkulasi darah ibu dan janin melalui plasenta. Denyut jantung akan mengikuti sinkronasi dengan denyut jantung ibu sebagai sumbur musik pertama yang janin dengar dalam kandungan. Keseimbangan ini harus di jaga dari stres, baik fisik dalam uterus dan penyulit bagi ibu hamil selama kehamilan hingga persalinan bagi ibu.

2.3.4 Pengaruh musik klasik kepada janinnya
      Musik dan bunyi berpengaruh baik kepada pikiran, emosi dan kondisi kejiwaan seorang wanita hamil, Tingkat stresnya, gairah hidupnya, kecemasannya, atau emosi lainnya secara umum tidak hanya menentukan laju degup jantungnya, kualitas pernafasannya, sikap tubuhnya, dan aspek-aspek fisik lain yang pada gilirannya berpengaruh kepada bayi dalam kandungan, tetapi semua itu juga menyebabkan diproduksinya hormon-hormon yang pada gilirannya berpengaruh kepada bayi dalam kandungannya, tetapi semua itu juga menyebabkan diproduksinya hormon-hormon yang diberikan melalui plasenta dan masuk ke dalam peredaran darah bayi.
    Campuran hormon pada ibu biasanya mencerminkan sikap bahagia, sayang, dan kondisi mental yang relatif santai, campuran itu langsung diberikan kepada bayinya. Apabila hormon-hormonnya sering sekali mencerminkan kondisi ketakutan atau putus asa, bayinya juga menerima pesan tersebut. Dengan cara ini, struktur kimiawi tubuh yang paling mendasar pada bayi dibentuk, sedikit demi sedikit oleh emosi-emosi ibunya.
    Bagi janin, keseimbangan hormonal dan metabolisme akan mempengaruhi pertumbuhan sel-sel. sel-sel ini sebaiknya di stimulasi sejak dini agar dapat tumbuh berkembang secara optimal. Kecerdasan manusia tidak hanya di tentukan semata-mata oleh jumlah sel otak yang dimiliki, tetapi lebih ditentukan oleh beberapa banyak koneksi yang bisa terjadi antara sel-sel otak.

2.3.5 Manfaat Terapi Musik Klasik
     Menurut mozart Musik bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh kita,karena musik ternyata bersifat terapeutik.
Ada beberapa manfaat musik klasik bagi ibu hamil,yaitu:
  1. Mengubah pola pikir ibu dengan menata pikirannya lebih positif.
  2. Membuat ibu bahagia sehingga hormon seimbang. Keseimbangan hormon membuat kondisi ibu nyaman
  3. Mengoptimalkan tumbuh kembang janin.
  4. Bisa menimbulkan rasa damai, gembira dan pikiran lebih terpusat
  5. Dapat mengubah kesadaran dan menyelaraskan aktifitas otak kanan dan kiri.
  6. Dapat memberikan efek yang positif bagi janin.
  7. Musik klasik diperdengarkan pada bayi prematur selama 40 menit sehari akan menambah berat badan dan memperkuat detak jantung pada hari ke-4.
  8. Dapat memberikan ketenangan bagi ibu dan janin,meningkatkan aktifitas gelombang otak dan membangun jaringan-jaringan sinopsis otak lebih baik.
  9. Stimulasi musik klasik juga bisa digunakan untuk memutar posisi janin yang semula sungsang menjadi normal.
    Menurut H.Farer, musik bisa membantu merangsang kecerdasan anak. Anda tidak harus membatasai diri dengan mendengarkan musik klasik saja. Semua jenis musik ternyata bisa digunakan untuk menstimulasi kecerdasan anak, dan bisa dilakukan sejak masa kehamilan 24 minggu.Stimulasi musik bisa membuat anak memiliki daya ingat yang lebih baik ketika dewasa. Musik klasik memang dapat memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan janin. Hal ini disebabkan oleh adanya interaksi antara perkembangan antara perkembangan sistem saraf dan lingkungan.Menurut para ahli, telah terbukti bahwa bayi yang sejak dalam kandungan selalu diperdengarkan musik klasik,ketika lahir ia lebih cepat merespon atau bereaksi terhadap musik yang biasa didengarnya sewaktu didalam kandungan misalnya dalam musik “Baby Harmony” yang diciptakan oleh Mozart.

2.3.6 Jenis – Jenis Musik Klasik
         Menurut Afriza(2010),Ada beberapa jenis musik klasik, antara lain:
  1. Musik dengan irama yang menggelorakan batin. Jenis musik ini adalah musik klasik bahwa musik klasik bach.
  2. Jenis musik ini adalah musik klasik zaman barok (baroque) yang artinya “mutiara yang tidak berbentuk wajar”.
  3. Musik dengan tempo lambat. Musik jenis adalah musik klasik zaman barok yang mengandung elemen kerapian dan keteraturan.
  4. Musik dengan irama lembut yang memberi efek paling positif. Jenis musik ini adalah musik klasik mozart.
Beberapa Efek Positif dalam musik klasik yang bisa didapat, diantaranya adalah:

a) Orang tua dapat berkomunikasi dan bersambung rasa dengan anak, bahkan sebelum ia       dilahirkan
b) Musik ini dapat merangsang pertumbuhan otak selama masih dalam rahim dan pada           awal masa kanak-kanak
c) Memberikan efek positif dalam hal persepsi emosi dan sikap sejak sebelum di lahirkan
d) Mengurangi tingkat ketegangan emosi atau nyeri fisik
e) Meningkatkan perkembangan motoriknya, termasuk lancar dan mudahnya anak                 merangkak, berjalan melompat dan berlari
f) Meningkatkan kemampuan berbahasa, dan kelancaran berkomunikasi
g) Meningkatkan kemampuan sosialnya.


2.3.7 Yang Membutuhkan Terapi Musik
  1. Wanita yang sudah lama menikah tapi tak kunjung hamil
  2. Wanita yang menderita mual berlebihan karena hamil
  3. Wanita hamil dengan gangguan emosi, sulit tidur, tidak siap hamil, menghadapi kehamilan sendiri karena suami di luar kota
  4. Ingin tenang saat melahirkan
  5. Tidak merasa nyaman karena perubahan hormonal

2.3.8 Waktu Pemberian Terapi Musik
  1. Trimester pertama atau awal kehamilan untuk mereduksi mual, terapi dilakukan satu kali dalam seminggu
  2. Trimester kedua, minimal satu kali seminggu agar kehamilan nyaman
  3. Trimester ketiga, tiga kali seminggu, masuk minggu ke 37, terapi dilakukan setiap hari karena stres ibu meningkat, selain itu, mulai minggu ke 37 bayi bisa lahir kapan saja
  4. Saat terjadi kontraksi dan menunggu proses persalinan.

2.3.9 Proses Terapi Musik Klasik pada ibu hamil yang dilakukan
  1. Ibu diwawancarai oleh pelatih terapi musik klasik untuk mengetahui aktifitas, kondisi emosi, dan pola hidupnya.
  2. Memeriksa tekanan darah.
  3. Masuk ruang kedap suara.
  4. Brain gym untuk memusatkan pikiran, untuk fokus pada diri sendiri dan janin.
  5. Relaksasi progresif untuk membuat ibu santai.
  6. Stimulasi musik untuk ibu dan janin.

2.3.10 Cara Pelaksanaan Terapi Musik Klasik
       Terapi musik dapat dilakukan dirumah, disaat santai dan dimana saja jaraknya sekitar (50 cm) dari tape jugak dapat menggunakan walkman, usahakan suara (volume) tidak terlalu keras atau lemah, intinya volume tersebut dapat membuat ibu merasa nyaman dan membuat ibu berkonsentrasi penuh, jika mempunyai hearphone, sesekali dapat menempelkan keperut ibu agar janin bisa mendengarkan lebih jelas, ibu boleh berdendang mengikuti melodi atau lirik lagu yang di dengarnya (satiadarma,2008)
    Waktu yang digunakan sekitar 30 menit yang dibagi menjadi relaksasi dan stimulus, stimulus sekitar 15 sampai 20 menit, relaksasi sekitar 10sampai 15 menit, di rumah lama mendengarkan musik yang di anjurkan ibu hamil adalah sekitar 30 menit setiap hari. Untuk memperoleh mendengarkan musik, ibu hamil di anjurkan mendengarkan dengan penuh perhatian dan keasadaran bahwa musk dapat merasuk ke dalam pikiran ibu. Dengan demikian suara harmoni dan irama musik dapat mendorong ibu untuk bergairah, kreatif dan menyenagkan (satiadarma, 2008).


2.3.11 Stimulasi Dengan musik Klasik Yang Dianjurkan
        Berikut ini ada beberapa 5 alasan mengapa musik Klasik dapat menjadi stimulasi yang sehat dan aman terhadap perkembangan otak, baik bagi anak-anak maupun dewasa.
  1. Musik Klasik dapat menyegarkan, secara fisiologis, musik dapat mengaktifkan hormon endofrin dan meningkatkan vitalitas pernafasan, detak jantung, denyut nadi, dan aktifitas gelombang kita.
  2. Musik Klasik dapat membuat orang selalu optimis, sebanyak apapun seseorang mendengarkan lagu yang membangkitkan semangat, baik yang berlirik maupun insrumental, pesan yang dibawa lagu tersebut serta getarannya akan tetap sama.
  3. Musik Klasik dapat menjadi aman yang baik, musik merupakan teman berlatih yang baik, yang selalu ada didekat kita dan tidak pernah mengeluh kapanpun kita melakukan program latihan harian
  4. Musik Klasik bersifat alamiah, tentu saja jika dimainkan dengan alat musik akustik.

_____________________________________________________________________________

BAB III
METODE PENELITIAN


3.1 Kerangka Konsep

    Kerangka konsep memuat teori dan pijakan untuk melakukan penelitian. Uraian dari kerangka konsep menjelaskan hubungan dan keterkaitan antar variabel penelitian. Adapun kerangka konsep dari penelitian yang berjudul “Pengetahuan Ibu hamil tentang manfaat musik klasik pada kehamilan diklinik Hj. Nani, AM.Keb Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu tahun 2015 ” adalah sebagai berikut :

Gambar 3.1

Variabel Independen                                                           Variabel Dependen
                (variabel bebas)                                                               (Varibel Terikat)          
  • Umur                                                                                                     
  • Pendidikan
  • Pekerjaan                               ----------------------------
  • Sumber Informasi

Keterangan: Berdasarkan kerangka konsep diatas, variabel independen dan variabel dependen tidak saling berhubungan

3.2 Definisi Operasional

   Definisi operasional adalah uraian tentang batasan variable atau tentang apa yang diukur oleh variable yang bersangkutan. Defenisi operasional ini penting dan diperlukan agar pengukuran variable atau pengumpulan data (variable) itu konsisten antara sumber data yang satu dengan sumber data yang lain.

3.2.1. Pengetahuan
         Adalah segala sesuatu yang diketahui dan dipahami ibu hamil tentang Infeksi Saluran Kemih . Hasilnya dapat diketegorikan dengan :
a. Baik, jika jawaban responden benar 15-20 (75 -100%)
b. Cukup, jika jawaban responden benar 8-14 (40-70%)
c. Kurang, jika jawaban responden benar 0-7 (0-35%)
Skala ukur : ordinal
Alat ukur : kuesioner

3.2.2. Umur
       Adalah usia individu yang terhitung mulai saat dilahirkan sampai berulang tahun. Hasil pengukurannya dalam bentuk angka dengan kategori sebagai berikut :
a. 20-25 tahun
b. 26-30 tahun
c. 31-35 tahun
d. 36-40 Tahun
skala ukur : interval
alat ukur : kuesioner

3.2.3 Pendidikan
       Adalah bimbingan yang diberikan seseorang terhadap perkembangan menuju cita-cita yang merupakan bagian terpenting dalam meningkatkan kualitas hidup. Dalam pendidikan biasanya dilihat dari ijazah terakhir dan kategorinya sebagai berikut :
a. Pendidikan dasar ( SD, SMP)
b. Pendidikan menengah atas (SMA / SMK, sederajat )
c. Pendidikan tinggi (D1,D3,S1)
Skala ukur : ordinal
Alat ukur : kuesioner

3.2.4 Pekerjaan
     Adalah kegiatan yang dilakukan untuk menunjang kehidupannya dengan mencari nafkah yang terus terulang dan banyak tantangan dan pekerjaan dikategorikan yaitu :
a. Bekerja (PNS,Petani, wiraswasta)
b. Tidak bekerja (IRT)
Skala ukur : nominal
Alat ukur : kuesioner


3.2.6 Sumber Informasi
     Adalah sumber yang diperoleh peneliti mengenai pengetahuan ibu hamil tentang manfaat musik pada kehamilan.
a. Ada
  • Media Cetak (koran, majalah, buku )
  • Media Elektronik (TV, Radio,internet)
  • Tenaga Kesehatan (bidan, perawat, dokter, dll)
b. Tidak Ada
Skala ukur : nominal
Alat ukur : kuesioner

3.3 Jenis Penelitian
3.3.1 Jenis Penelitian
      Jenis penelitian ini bersifat deskriptif bertujuan untuk mengetahui Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Manfaat musik klasik pada kehamilan di Klinik bersalin Hj. Nani AM.Keb Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2015.

3.4. Lokasi dan Waktu Penelitian
3.4.1. Lokasi Penelitian
        Lokasi Penelitian ini sudah dilakukan di klinik bersalin Hj. Nani AM.Keb Rantauprapat Labuhanbatu, Jalan nenas, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2015.

3.4.2. Waktu Penelitian
       Penelitian ini sudah dilaksanakan pada bulan Januari-Juli 2015 di klinik Bidan Hj. Nani AM.Keb.

Tabel 3.4.2
Rencana Jadwal Penelitian
No
Jenis Kegiatan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
1.
Pengajuan Judul




























2.
Survey awal




























3.
Penelusuran kepustakaan




























4.
Penyusunan proposal penelitian




























5.
Seminar proposal




























6.
Perbaikan proposal dan izin penelitian




























7.
Pengumpulan data




























8.
Pengolahan Data




























9.
Analisa Data




























10.
Penyusunan KTI





























11.
Sidang KTI




























12.
Perbaikan KTI





























3.5. Populasi Dan Sampel
3.5.1 Populasi
     Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang berkunjung di klinik bersalin Hj. Nani AM.Keb Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu 2015 yang terdata dari bulan Januari 2015- Februari 2015 sebanyak 89 ibu hamil.

3.5.2 Sampel
   Sampel adalah sebagian dari populasi yang merupakan wakil dari populasi (machfoedz,2009). Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik accidental sampling yaitu Sampel yang didapatkan secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat di jadikan sampel berjumlah 49 responden.

3.6 Metode pengumpulan Data
3.6.1. Jenis Data
1. Data primer
  Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, adalah data yang diperoleh dari responden melalui kuesioner data ini harus dicari melalui narasumber yaitu orang yang kita jadikan objek penelitian/orang yang kita jadikan sebagai sarana mendapatkan informasi ataupun data (Saryono,2010)

2. Data sekunder
   Data yang di peroleh secara teori dari kumpulan sumber dari catatan, media, laporan, di klinik bersalin Hj. Nani AM.Keb. Data sekunder juga dapat sebagai data penunjang atau penguat sebagai bukti kebenaran data tersebut.

3.6.2 Alat pengumpulan data
       Alat pengumpulan data adalah kuesioner, yaitu suatu tekhnik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya.Pertanyaan dan pernyataan dalam kuesioner dapat berupa pertanyaan/pernyataan tertutup maupun terbuka.Terbuka artinya responden dapat menuliskan jawabannya sesuai apa yang diinginkannya yang berupa uraian,sedangkan tertutup artinya responden harus memilih salah satu alternatif jawaban yang telah disediakan (Sugiyono,2013). Dan dalam hal ini jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden dengan menggunakan kuesioner yaitu kuesioner tertutup, karena kuesioner tertutup akan membantu responden menjawab dengan cepat dan memudahkan peneliti dalam melakukan analisis data terhadap seluruh angket yang terkumpul.


3.6.3 Cara Pengumpulan Data
      Pengumpulan data yang dilakukan diklinik bersalin diklinik bersalin Hj.Nani AM.Keb berupa kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden.
      Peneliti datang keklinik bersalin Hj.Nani AM.Keb dan meminta izin kepada ibu Hj.Nani AM.Keb untuk melakukan penelitian yang akan dilakukan selama 2 minggu. Dimana salam satu minggu diambil 3 hari untuk melakukan penelitian, penelitian ini akan dilakukan pada jam 15.00-18.00 WIB
    Selanjutnya peneliti membagikan kuesioner pada responden (ibu hamil) yang kebetulan datang ke klinik bersalin Hj. Nani AM.Keb untuk melakukan speksi, sebelum responden diminta untuk mengisi kuesioner, responden juga diminta untuk menandatangani surat persetujuan menjadi responden yang dilampirkan bersama kuesioner, setelah responden selesai menjawab kuesioner, data dikumpulkan kembali, jika jumlah sampel belum mencukupi sampai batas waktu yang ditentukan maka peneliti menambah waktu menjadi 3 minggu.

3.7 Pengolahan dan Tekhnik Analisa Data
3.7.1. Pengolahan Data
        Data yang telah dikumpulkan, terlebih dahulu diolah dengan tujuan mengubah data menjadi informasi.Dalam pengolahannya terdapat beberapa langkah-langkah Menurut (Hidayat,2011) yaitu sebagai berikut :

1.Pengeditan (Editing)
   Pada tahap ini, data yang telah terkumpul melalui kuesioner ataupun wawancara perlu dibaca kembali untuk memastikan apakah ada hal-hal yang meragukan dari jawaban responden. Tahap editing ini bertujuan memperbaiki kualitas data dan menghilangkan keraguan data.

2. Pengkodean (Coding)
    Setelah tahap editing, maka data-data yang berupa jawaban-jawaban responden perlu diberi kode untuk memudahkan dalam menganalisis data. Hal ini sangat penting apalagi jika proses pengolahan data dilakukan dengan menggunakan komputer. Pemberian kode dilakukan dengan melihat jawaban dari jenis pertanyaan yang diajukan dalam kuesioner.

3. Pemberian Skor (Scoring)
   Melakukan pemeriksaan terhadap jawaban responden yang ada dan memberikan skor atau penilaian yang diperoleh pada kuesioner, lalu mengelompokkan sesuai kategori pengetahuan.

4.Proses tabulasi (tabulating)
  Mengelompokkan data dalam master tabel untuk mempermudah pendistribusian dan berdasarkan variabel.

3.7.2 Analisa Data
       Proses analisa dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tabulasi terhadap data yang masuk dalam kategori yang benar dan salah, kemudian dilakukan skoring. Proses selanjutnya adalah apakah hasil sekoring tersebut masuk dalam kategori : baik, cukup dan kurang penelitian acuan :

Jumlah jawaban benar x 100%
__________________________
Jumlah soal

Menurut Arikunto,2006 penutup kategori nilai\ skor adalah sebagai berikut:
a. Baik, apabila menjawab benar 15-20 (75-100% pernyataan) dari kuesioner yang disebarkan.
b. Cukup, apabila menjawab benar 8-14 (40-70% pernyataan) dari kuesioner yang disebarkan.
c. Kurang, apabila menjawab 0-7 (0-35% pernyataan) dari kuesioner yang disebarkan.

Setelah diproses kategori pengetahuan dari masing-masing responden, kemudian dilakukan persentase.

0 komentar:

Posting Komentar