Alat-alat & Kegunaan dalam Ruang Bersalin

Jangan panik melihat alat-alat dalam ruang bersalin, atau apa pun yang berhubungan dengn proses persalinan. Supaya Anda tidak bertanya-tanya lagi saat menghadapi persalinan nanti, sebaiknya kenali dulu apa saja yang digunakan untuk membantu Anda melahirkan si kecil.

Ventouse

BAGAIMANA CARA KERJANYA?
Alat ini digunakan untuk membantu mengeluarkan bayi dari mulut rahim Anda, dengan cara menempelkannya pada kepala bayi yang sudah kelihatan, lalu menyedotnya sampai keluar. Nama lain dari proses ini adalah Vakum. 

KAPAN DIGUNAKAN?
Bayi Anda akan divakum jika sulit keluar karena sesuatu hal, atau Anda terlalu lelah atau kesulitan mengeluarkan bayi kembar Anda. Sebelum divakum, dokter akan melakukan episiotomi (pengguntingan mulut vagina untuk memudahkan proses kelahiran). Bayi yang divakum biasanya akan memiliki bentuk kepala yang aneh atau peyang, tapi ini hanya berlangsung sementara dan bentuk kepalanya akan kembali normal.

Tensimeter (Alat Pengukur Tekanan Darah)

BAGAIMANA CARA KERJANYA?
Bidan atau dokter akan mengontrol tekanan darah Anda secara teratur dengan alat ini, dan menjaganya agar tidak naik terlalu tinggi. Tekanan darah yang tinggi dapat membahayakan janin dan mempersulit proses kelahiran.


KAPAN DIGUNAKAN?
Alat ini selalu digunakan dalam setiap proses persalinan, untuk mengontrol tekanan darah ibu.

Cord Klem (Penjepit Tali Pusat)

BAGAIMANA CARA KERJANYA?
Dokter atau bidan akan memotong tali pusat bayi Anda dengan bantuan alat penjepit ini.



KAPAN DIGUNAKAN?
Sesaat setelah bayi lahir.

Monitor Janin Elektronik (CTG)

BAGAIMANA CARA KERJANYA?
Monitor ini menampilkan informasi mengenai detak jantung janin Anda serta kontraksi yang Anda alami.




KAPAN DIGUNAKAN?
Alat ini selalu digunakan dalam setiap proses kelahiran, dokter akan mengeceknya pada waktu-waktu tertentu.

Entonox (Gas dan Air)

BAGAIMANA CARA KERJANYA?
Tabung berisi oksigen dan gas nitrooksida ini dapat Anda hirup melalu rongga mulut, untuk meringankan rasa sakit saat kontraksi.


KAPAN DIGUNAKAN?
Jika kontraksi yang Anda alami semakin hebat dan sakit, Anda bisa menghirupnya agar Anda merasa lebih nyaman dan tenang.

Gym Ball

BAGAIMANA CARA KERJANYA?
Jika Anda duduk di atas bola lentur ini maka posisi bayi Anda akan turun mendekati jalan lahir sehingga mempermudah proses kelahirannya. Menduduki bola ini sambil mengubah-ubah posisi juga dapat membantu Anda melalui kontraksi.



KAPAN DIGUNAKAN?
Bola ini biasa digunakan dalam senam hamil. Beberapa klinik kehamilan memang menyediakannya, Anda pun bisa membelinya, karena harganya tidak terlalu mahal.

Drip Stand

BAGAIMANA CARA KERJANYA?
Tabung berisi cairan yang mungkin Anda butuhkan saat bersalin, yang dialirkan ke dalam tubuh Anda melalui selang.



KAPAN DIGUNAKAN?
Beberapa alasan Anda perlu dibantu alat ini saat bersalin, adalah:
- bayi Anda lahir diinduksi
- dokter ingin mempercepat kontraksi Anda kontraksi
- memberikan banuan cairan jika Anda dehidrasi
- Anda membutuhkan transfusi darah setelah bersalin

Stirrups

BAGAIMANA CARA KERJANYA?
Alat ini merupakan sepasang batangan besi pada kedua sisi tempat tidur, yag dilengkapi dengan penunjang kaki.



KAPAN DIGUNAKAN?
Biasanya alat ini digunakan jika bayi Anda lahir dengan bantuan forceps atau ventouse (divakum). Ada beberapa jenis penyangga kaki yang dimiliki tiap tempat tidur bersalin. Ada juga tempat tidur yang dilengkapi dengan penahan tubuh yang dapat menjaga kestabilan posisi tubuh Anda saat harus mengejan.

Forceps

BAGAIMANA CARA KERJANYA?
Alat ini membantu mengelurkan bayi dalam persalinan. Salah satu ujungnya bulat, seukuran kepala bayi, berfungsi untuk menariknya saat sudah kelihatan di mulut rahim.

KAPAN DIGUNAKAN?
Forceps digunakan jika bayi sulit keluar, atau Anda tak sanggup lagi mengejan. Forceps juga membantu jika bayi Anda lahir dengan posisi yang tidak umum, misalnya kaki atau bokong dulu. Bayi yang lahir dibantu forceps biasanya sedikit memar, khususnya di kepala. Namun memar itu akan cepat hilang dengan perawatan yang baik.

Resusitator

BAGAIMANA CARA KERJANYA?
Mesin ini berisi cadangan oksigen untuk bayi Anda, dilengkapi alat penyedot untuk mengeluarkan kotoran dari paru-parunya (jika paru-parunya bermasalah)


KAPAN DIGUNAKAN?
Alat ini diperlukan jika bayi Anda lahir dengan berat rendah, prematur, atau tak sengaja menghirup mucus (lendir yang menyelubung bayi yang baru lahir). Alat ini juga dapat menghangatkan bayi yang baru lahir.

Birth Stool

BAGAIMANA CARA KERJANYA?
Kursi ini berbentuk huruf U dengan tiga kaki. Pada proses persalinan normal, terutama di luar negeri, ibu bisa duduk atau bahkan jongkok di atasnya. Tekanan gravitasi saat Anda jongkok di atas kursi ini akan membantu Anda mengejan. Dokter pun dapat segera menangkap bayi Anda saat ia keluar. Di Indonesia, birth stoll jarang digunakan karena proses persalinan normal dilakukan dengan posisi berbaring.

KAPAN DIGUNAKAN?
Bisa digunakan jika Anda kurang nyaman bersalin dengan posisi biasa/berbaring.

0 komentar:

Posting Komentar